Minggu, 15 Mei 2022

Koas????😲

Sebagai mahasiswa kedokteran, lulus S1 bukan berarti langsung jadi dokter. Yup, kita harus menjalani program profesi dokter atau yang kita sering denger "koas". Koas berlangsung sekitar 2 tahun. Kegiatan koas ya belajar di Rumah Sakit. Beda kayak di pre klinik/S1, kita kuliah dapet materi teori, materi praktik tapi ke sesama temen, kalau koas kita dah belajar ketemu pasien-pasien langsung, bisa lihat penyakit langsung, ngerasain suasana rumah sakit, bisa belajar meriksa langsung, bisa belajar komunikasi ke pasien/perawat/seluruh peran di RS.
Tapi sejujurnya..... pada awalnya aku gak siap untuk itu πŸ™‚

Alhamdulilah, saya lulus bulan Januari 2022 dan bisa mengurus untuk wisuda  Febuari 2022. Jadi, memang jatahnya 2022 ini buat masuk profesi dokter/koas.
Nah,di tempatku berkuliah gak semuanya bisa langsung masuk koas, jadi ada kloternya. Kalau ga salah dalam setahun ada 4 kloter. Kloter 1 Bulan Febuari, Kloter 2 Bulan Mei, Kloter 3 Bulan Agustus, Kloter 4 Bulan November. Semogaa ke depannya udah gak perlu ada kloter2 gini, kondisi bisa lebih stabil ga ada pandemi2 lagi, lebih banyak jejaring yang mau menerima kerjasama jadi semuanya bisa langsung masuk atau seenggaknya gak nunggu setahun☺Kalau di tahunku dan tahun sebelum2nya, pembagian kloter berdasarkan urutan hasil ujian gitu, namanya UTB 2 (ujian tahap bersama?????), ujiannya ngerjain soal pilihan ganda 100 soal 100 menit ya mirip2 kayak soal UKMPPD. Setau saya, pelaksanaan UTB ini dilaksanakan  serentak di beberapa universitas juga.

Kalau flashback ke masa masa itu. Bener bener lumayan hectic juga hahaha. Karena saat itu UTB diadakan di semester 7. Sedangkan semeser 7 masih ada kuliah, ujian blok, osce, skripsi :""))) + saat itu laptop saya rusak 😭
Berusaha harus tapi pasrah juga iya. Hehe. Akhirnya meski banyak deadline2 menanti, tapi ya mau gamau harus tetep belajar UTB. Saat itu, saya gak ikut les untuk persiapan UTB karena saya sok sibuk, takut malah saya ga pernah masuk terus lesnya jadi sia sia😣 (saat itu saya masih diamanahi jd ketua dewan mahasiswa fk uns + ngurus organisasi lain wkwk-sok sibuk bgt alhamdulillah dah terlewati semua ini)

Akhirnya saya belajar sendiri saja semampu semaksimal saya. Dilist deh materi materi yg perlu dipelajari. Saya belajarnya lewat Youtube. Cari video pembahasan soal-soal UKMPPD gituu kan banyak banget yaaa di Youtube. Per hari 1-2 topik. Meski akhirnya H-1 UTB masih banyak topik yg belum kesentuh, akhirnya ngebut, seenggaknya pernah tauπŸ˜…

Wow akhirnya hari H UTB! Saya sudah pasrah saja. Bismillah, saya juga dah pasrah dan saya yakin Allah tau yang terbaik buat saya masuk di kloter berapa nantinya karena saya gatau ke depannya bakal ada apa...
Setelah UTB selesai, meski banyak juga yang lupa2, seenggaknya sudah selesai tanggungan di semester ini, legaπŸ™‚
.
.
.
.
Beberapa minggu kemudian...Tiba2 ada pengumuman UTB 😲😲😲
Saya sudah bener-bener pasrah, gak mengharap kloter 1 juga karena saya takut, saya ga siap buat masuk koas, saya mau bernafas duluπŸ˜“ Pokoknya yang saya tau, apapun hasilnya itu yang terbaik, Allah tau waktu yang tepat!
Pas ngelihat.... nilai saya 61, saya diurutan 70an (lupa pastinya). Nah, kalau denger dari sebelum2nya kloter 1 itu urutuan 1-60an jadiiiii saat itu saya berfikir oh alhamdulillah berarti besok saya koasnya kloter 2 atau bisa jadi 3. Masih ada waktu habis lulus buat istirahat dulu dan review2 lagi materi.
.
.
.
.
Dari awal Januari, sudah banyak temen temen yang ngeshare persiapan koas (kayak open pre order seragam koas, barang2 yg dibutuhin pas koas), karena saya optimis tidak akan di kloter 1, saya lewati dan gak merhatiin itu semua.... "belinya besok aja maret/april" Apalagi saat itu kebutuhan mama bapak lagi banyak, jadi gak enak aja kalau minta saat itu untuk beli2 mana banyak pula...:")

Tiba2 di akhir Bulan Januari,  tiba2 ada notif WA teman ngechat saya "selamat syaan semangaat". 
Karena belum ngebuka WA, saya gatau ada apa. 
Eh... kaget sekaget kagetnya. Ternyata sudah keluar pengumuman surat keputusan nama nama yang akan koas di kloter 1. 
Saya lihat dan ada nama saya masuk. Tahun ini ternyata kloter 1 bates nilainya 60. Karena nilai saya 61 jadi ikut :")))

Deg. Saat itu saya bener bener bingung karena itu pengumumannya H-2 minggu masuk koas. Persiapan saya masih 0 besar. Gak kepikiran sama sekali untuk itu dan gak siap sama sekali. Jujur, saya nangis saat itu. Ada beberapa ketakutan saya yang gak bisa saya ceritakan. +ternyata harus membayar SPP. Jadi saya makin gak enak harus meminta uang mendadak untuk persiapan2 itu,  soalnya kemaren2 saya bilang ke ortu "Aku dah gak bayar apa2 kok, paling bayar lagi buat koasnya bulan Mei"..... 
Meski saya yakin orang tua pasti gak kenapa2, ga masalah juga, ga keberatan juga,pasti mengusahakan tapi rasa gak enak itu tetep ada πŸ˜”

Akhirnya... dalam waktu 2 minggu itu, saya mulai mencari yang harus disiapin. Karena temen2 udah gak open pre order seragam2 lagi/jadinya masih bulan Maret, akhirnya cari cari di online shop dulu setidaknya punya baju meski satu dulu :") Bener2 persiapan yang mayan hectic juga ditambah secara mental saya belum siap. Entah kenapa saya takut.. mungkin karena saya masih kosong, belum review materi2 dan belajar pemeriksaan lagi dll :") 
Akhirnya saya ingat lagi kata2 saya di awal yg hampir saya lupa...."Apapun hasilnya, Allah tau yang terbaik, Allah tau waktu yang tepat"... Dan ternyata waktu yg tepat bagi saya adalah kloter 1...
Di pikiran saya, setelah lulus saya mau rehat dulu, mau les nari/les jait dll... Eh ternyata habis lulus saya harus langsung koas....Jujur, saya takut saya belum siap.
Entah apa alasannya, entah apa yang terjadi di waktu yg akan datang nanti, its already happened! Pelan pelan.... saya mempersiapkan diri saya..mental saya.. untuk jadi anak koas :)

14 Febuari saya sudah masuk koas! Apakah setelah dijalani, koas itu semenakutkan yang saya pikirkan? Tunggu cerita berikutnya 😊

(*Tanggal 7-9 Febuari 2022 kegiatan pradik dan sumpah dokter muda/koas)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar